KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN

leadership atau kepemimpinanDalam sebuah bisnis usaha kecil dan menengah, kerapkali antara pemimpin dan manajer dikerjakan oleh satu orang yaitu pemiliknya. Pada tahap awal, peranan pemilik untuk menjadi pemimpin sekaligus manajer adalah sah-sah saja, namun pada tahap perkembangan yang lebih lanjut pemilik harus menjadi pemimpin yang fokus pada pengarahan usaha kedepan, memberikan dorongan untuk majunya perusahaan, bukan berkutat pada hal-hal teknis manajemen.
Kemampuan multidimensi pelaku usaha kecil memang harus mumpuni, karena kemampuan leadership yang kuat dan didukung kemampuan manajemen usaha kecil yang baik, akan menjadi faktor penting dalam keberhasilan suatu usaha. Kepemimpinan dan Manajemen merupakan dua hal yang terkadang dicampuradukkan oleh banyak orang, menganggap bahwa kepemimpinan dan manajemen adalah sesuata yang sama. Padahal kempemimpinan dan manajemen adalah dua hal yang berbeda. “Manajemen adalah melakukan sesuatu dengan benar, sedangkan Kepemimpinan adalah melakukan hal-hal yang benar”.

imagesManajemen adalah sesuatu hal yang sifatnya teknis, sedangkan kepemimpinan adalah sesuatu yang sifatnya konseptual dan visioner. Manajemen, berkaitan dengan bagaimana mencapai sesuatu, kepemimpinan berkaitan dengan apa-apa yang akan dicapai. Meskipun kita telah menerapkan manajemen yang benar pada bisnis kita, belum tentu akan mencapai keberhasilan jika kepemimpinan tidak dijalankan dengan baik. Maka untuk menganalisa keberhasilan suatu usaha, perlu dikaji dua faktor tersebut. Jika seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan mengambil keputusan untuk memproduksi sebuah produk tanpa didasari pertimbangan-pertimbangan apakah produk tersebut dapat diterima pasar atau tidak, sudah usang atau belum, meskipun para manajer melakukan strategi prudiksi sebaik-baiknya, tetap saja tidak akan memberi keuntungan bagi usaha. Pemimpin bisa menjadi motivator bagi pekerja/karyawan, manajer lebih cenderung menjadi koordinator dalam aktifitas usaha bisnis

Iwan Haryono
Sumber: MAJALAH ELSHINTA/NOVEMBER 2012/TAHUN IV

0 comments:

Sumber Utama : http://www.kolombloggratis.org/2013/05/cara-agar-artikel-tidak-bisa-di-copy.html#ixzz3Gvrhic3k